3 Resep Ayam Goreng Ini Membuat Nasi Cepat Habis

Indonesia ini kaya dengan keragaman kuliner. Ada berbagai jenis bahan yang bisa diolah untuk dijadikan ribuan jenis hidangan. Bahkan dari satu jenis bahan saja bisa tercipta beragam resep. Dari ayam misalnya, tahukah mama berapa banyak resep ayam yang ada di Indonesia? 

Sepertinya kalau untuk ayam, jenisnya bisa lebih banyak dari jumlah provinsi yang ada di Indonesia. Mari kita lihat untuk jenis ayam goreng saja. Ya, hanya ayam goreng. Untuk ini saja, mama bisa mendapatkan banyak ragamnya. Dari banyak ragam itu, mari kita soroti beberapa yang sangat bisa membuat nasi di meja makan cepat habis. 


Ayam Pop

Yang pertama adalah ayam pop, kuliner asal minangkabau. Kita mengenalnya sebagai ayam goreng berdaging pucat dengan taburan saus merah. Resep kuliner yang menggoyang lidah ini terdiri dari tiga tahapan. Tahap pertama adalah membumbui daging ayamnya sendiri. Bumbunya tidak rumit: bawang putih, bawang merah, serai, gula, garam. Haluskan semua bumbu, dan beri air secukupnya untuk merebus ayam.

Proses yang kedua adalah membuat saus tomat untuk menyajikan makanan. Yang dibutuhkan di sini tidak terlalu rumit. Intinya adalah 1 biji tomat, 10 biji cabe merah, bawang merah, gula dan garam. Rebus atau goreng semua ini dan kemudian blender hingga halus. 

Dan, yang terakhir adalah persiapan akhir sebelum disajikan. Panaskan minyak goreng secukupnya. Setelah minyak cukup panas, masukkan ayam yang sudah direbus dengan bumbu tadi. Sebentar saja, jangan sampai ayam berubah warna. Kemudian, angkat ayam dan tiriskan. Ayam pop pun sudah siap disajikan


Resep ayam pop Ajinomoto ala Dapur Umami yang patut dicoba. 


Ayam Lengkuas

Resep ayam goreng kedua yang tak kalah terkenal lezatnya adalah ayam lengkuas. Resep ayam ini juga berasal dari Minangkabau. Tetapi, tampilan dan citarasanya benar-benar berbeda dengan ayam pop. Tampilannya cenderung kecoklatan, dan rasa gurihnya pun berbeda. 

Untuk membuat ayam lengkuas, ada tiga proses yang harus dilalui. Pertama adalah membuat bumbu untuk ayamnya. Di bagian ini, bumbu yang dibutuhkan cukup banyak, yaitu, bawang putih, bawang merah, kemiri, ketumbar, serai, daun salam, gula dan garam. Haluskan semua bahan dan panaskan di atas kompor bersama ayam. 

Panaskan hingga bumbu meresap ke dalam daging ayam dan air tersisa hanya sedikit. 

Tahap kedua adalah menggoreng ayam yang sudah diresapi bumbu ini dengan minyak panas dan api yang tidak terlalu besar.

Tahap ketiga adalah membuat taburan lengkuas. Mama perlu menyiapkan lengkuas yang diparut dan kemudian dicampurkan dengan sisa bumbu yang dipakai untuk mengungkep ayam tadi. Kemudian goreng sisa bumbu ini hingga mengering dan menghasilkan parutan lengkuas yang lezat kecoklatan. 

Setelah itu, sajikan ayam yang sudah digoreng dengan taburan lengkuas tadi. 


Ayam Bacem

Yang terakhir ini adalah resep ayam yang sangat populer dari Yogyakarta. Bacem berarti dibumbui dengan bumbu manis. Dan karena bumbu manis ini banyak mengandung gula merah dan coklat, akhirnya yang kita dapatkan adalah ayam berwarna coklat gelap. Dan rasanya pasti akan sangat berbeda dari ayam pop maupun ayam lengkuas. 

Untuk membuat ayam bacem, proses yang perlu dilalui ada dua tahap. Di tahap pertama, kita mengungkep ayam dengan bumbu bacem. Bumbu bacem ini terdiri dari bawang putih, bawang merah, kemiri, gula jawa, dan kecap. Haluskan semua bahan dan tambahkan air untuk kemudian dipanaskan bersama ayam. 

Angkat ayam ketika bumbu sudah merasuk sepenuhnya ke dalam ayam. 

Tahap yang kedua dan terakhir adalah menggoreng ayam yang sudah dibumbui tadi dengan minyak panas dan api sedang. Karena ayam sudah dibumbui dengan gula, maka ketika digoreng kita akan mendapatkan warna kecoklatan dengan cepat. 

Dengan tiga resep ayam goreng ini saja, mama sudah mendapatkan tiga cita rasa ayam yang berbeda. Meski berbeda, ketiga-tiganya sudah terkenal bisa membuat nasi di meja makan cepat habis. Nasi putih panas, dingin, maupun nasi uduk tetap bisa habis dengan cepat kalau mama mengikuti tiga resep ini.