3 Ide Mudah Membuat Isi Burger DIY demi Menghibur Buah Hati

Bagi anak-anak, burger adalah makanan yang sekarang semakin menjadi favorit. Tapi, tahukah Mama apa yang mungkin lebih menyenangkan buat mereka? Mereka akan senang melihat Mama atau papa mereka memasak burger sendiri seperti Spongebob Squarepants! Untungnya, sebenarnya kita bisa mudah membuat patty atau isi burger di rumah. 

Namun, untuk itu, Mama membutuhkan patty yang nantinya bisa digoreng oleh anak-anak. Berikut ada beberapa resep agar Mama bisa dengan mudah membuat burger di rumah. Yang mungkin tidak banyak diketahui adalah bahwa isi burger bisa dibuat dengan berbagai jenis bahan. 


Burger ayam

Yang pertama dan bahannya relatif lebih mudah didapatkan adalah burger dengan bahan utama ayam. Seperti namanya, bahan utama untuk membuat burger ayam ini adalah daging ayam giling. 

Untuk membuat ini, bahan-bahan yang diperlukan antara lain adalah daging ayam (200 gram, giling), Sajiku® tepung ayam goreng (6 sendok makan), bawang putih (3 siung), bawang bombay (½ buah), lada (1 sendok teh), SAORI® saus tiram (1 sendok makan), garam dan AJI-NO-MOTO® (secukupnya). 

Untuk membuat patty, campur semua bahan-bahan ini dan membentuknya menjadi adonan bundar pipih. Kemudian sisihkan hingga siap waktunya untuk menggoreng bahan ini. 


Burger sapi

Yang kedua ini adalah burger yang bahannya paling lazim dan paling banyak dijual di gerai burger mana saja. Karena itulah, seringkali kita tidak pernah merasa perlu untuk bisa membuat burger jenis ini. Tapi, keuntungan dari membuat burger ini adalah kita tahu betul . kualitas daging yang kita pilih dan kita bisa berikan cita rasa tambahan. 

Untuk membuatnya, Mama perlu menyiapkan sejumlah bahan wajib seperti daging sapi (200 gram), Sajiku® tepung ayam goreng (6 sendok makan), telur (1 butir, kocok), bawang bombay (½ butir, cincang), bawang putih bubuk (secukupnya), garam dan penyedap rasa AJI-NO-MOTO®

Bila ingin mendapatkan citarasa yang berbeda, Mama bisa menggunakan SAORI® saus teriyaki. Rasa yang berbeda ini bisa dipilih sesuai selera.

Cara membuatnya juga relatif sama dengan burger ayam. Campurkan semua bahan hingga merata dan kemudian bentuk menjadi bulatan-bulatan pipih setebal 1 cm. 


Burger tempe

Yang terakhir ini istilah sosmednya adalah “burger dengan kearifan lokal.” Tempe adalah bahan makanan yang sudah lezat bahkan hanya dengan dikasih garam dan bubuk bawang. Jadi, pastinya akan lebih lezat lagi kalau dia dihadirkan dalam bentuk burger tempe yang ditambah bahan-bahan burger lainnya. 

Tapi, mari kita mulai dengan membuat patty burger ayam ini. Bahan-bahan yang dibutuhkan adalah tempe (300 gram), daging sapi giling (200 gram), tepung bumbu Sajiku® (1 bungkus 85 gram), bawang bombay (½ butir, rajang), dan telur (2 butir). 

Untuk membuatnya campurkan semua bahan ini hingga merata. Setelah semua bumbu, bahan, tepung, dan telur tercampur sempurna, bentuklah menjadi bundaran-bundaran pipih setebal 1 - 1½ cm.

  

Burger tempe ala Dapur Umami


Ketika semua bahan ini telah siap, Mama boleh langsung menggorengnya atau menyimpannya dulu di dalam kulkas atau freezer. Bila Mama menyimpannya di dalam kulkas, pastikan untuk segera menggunakannya dalam waktu satu atau dua hari. 

Namun, bila Mama tidak yakin kapan akan menggunakannya, maka pilihan terbaiknya adalah menyimpan patty buatan sendiri ini di dalam freezer. Khusus untuk patty tempe, akan lebih baik bila segera mengkonsumsinya dalam waktu tidak lebih dari 2 hari. 

Untuk menggorengnya, panaskan minyak dan margarin pada pan pipih. Ketika minyak dan margarin sudah cukup panas, masukkan patty. Pastikan untuk membalik patty di kedua sisinya agar daging menjadi masak di kedua sisinya. 

Oh ya, jangan lupa mengajak buah hati untuk melihat saat menggoreng burger ini di rumah ya? Pasti mereka senang ketika melihat Mama atau Papa mereka bisa melakukan sesuatu yang biasanya dilakukan idola mereka si Spongebob Squarepants itu.