2 Resep Simpel untuk Memenuhi Kebutuhan Vitamin D

Salah satu jenis resep penting yang wajib kita kuasai adalah resep hidangan yang kaya vitamin D. Banyak penelitian membuktikan bahwa salah satu yang membuat tubuh lebih kuat menghadapi kondisi berat adalah vitamin D. Tanpa terpenuhinya kebutuhan Vitamin D, seorang pasien COVID-19 memiliki ketahanan tubuh lebih rendah dalam menghadapi serangan virus. 


Namun, sejauh ini kita sering mendapat miskonsepsi tentang Vitamin D. Kita sering beranggapan bahwa kita bisa mendapatkan vitamin D dari sinar matahari saja. Seolah-olah, dengan meluangkan waktu di bawah sinar matahari, kita bisa mendapatkan vitamin D yang kita butuhkan untuk memenuhi kebutuhan vitamin D kita. 


Hal ini tidak sepenuhnya benar. Untuk mendapatkan vitamin D, kita membutuhkan asupan gizi yang sesuai. Asupan gizi yang cukup itu akhirnya memberi kita pro-vitamin D yang disimpan di bawah kulit. Selanjutnya, pro-vitamin D ini akan berubah menjadi vitamin D ketika kita terkena sinar ultraviolet. 


Maka, agar tidak kekurangan vitamin D, kita tetap membutuhkan bahan-makanan yang mensuplai pro-vitamin D. Bahan yang kaya pro-vitamin D adalah bahan makanan yang kaya protein dan lemak, seperti daging, ikan, dan susu. Selain bahan-bahan dari sumber hewani ini, ada juga beberapa sumber nabati bagi yang vegetarian atau sekadar ingin mendapatkan makanan lain. 


Berikut ini Mama bisa melihat dua resep sederhana yang membantu keluarga mendapatkan pro-vitamin D yang mereka butuhkan.


Resep Ikan Salmon Jeruk

Ikan salmon terkenal sangat bagus karena kaya akan lemak yang bisa menjadi pro-vitamin D. Warna putih yang ada di antara lapis-lapis daging merah mudanya merupakan lemak yang memberi sumbangan besar dalam menghasilkan pro-vitamin D. Selain itu, tentu saja tidak bisa dipungkiri bahwa salmon memiliki rasa yang lezat tanpa perlu bumbu yang terlalu rumit. 


Cara termudah memasak salmon adalah dengan menggorengnya dengan tanpa atau hanya sedikit minyak seperti pada pembuatan Salmon Jeruk. Yang perlu kita lakukan, pertama-tama, adalah dengan memberikan perasan jeruk pada salmon. Perasan jeruk ini akan membuat daging salmon tidak berbau amis. Selanjutnya, mama hanya perlu menaburkan garam dan lada hitam ke atas salmon sesuai selera. 


Selanjutnya, kita tinggal memanaskan wajan dan menunggu beberapa saat hingga warna salmon agak memutih. Ketika satu sisi sudah terlihat matang, Mama tinggal membaliknya agar sisi lain salmon juga matang. 


Paduan cita rasa jeruk nipis, garam, dan lada hitam ini menghasilkan rasa yang lezat meskipun kita memasaknya seperti dengan sedikit sekali usaha. 


Salmon mudah disiapkan dengan resep sederhana

Salmon mudah disiapkan dengan resep sederhana


Resep Tumis Jamur

Satu lagi resep sajian yang bisa membantu memenuhi kebutuhan pro-vitamin D bagi keluarga. Jamur adalah satu dari sedikit sayuran yang kaya dengan pro-vitamin D. Memang di sini segala jenis jamur bisa dipakai. Namun, yang dikenal paling tinggi kandungan vitamin D-nya adalah jamur maitake, yang berwarna coklat pucat. 


Bahan-bahan yang diperlukan untuk sajian ini juga sangat mudah. Selain jamur maitake, bahan-bahan lain yang diperlukan untuk hidangan lezat ini tidak berbeda dengan tumis pada umumnya, yaitu bawang bombai, bawang putih, bawang merah, lada, saus tiram, gula, garam, dan penyedap rasa. 


Cara memasaknya juga tak ubahnya memasak tumis. Kita hanya perlu memanaskan minyak dan bawang bombai hingga menguarkan aroma sedap. Setelah itu, kita tuangkan jamur beserta saus tiram dan sayur-sayuran lain yang ingin disertakan sesuai selera. Banyak orang suka memasukkan wortel atau buncis dalam tumis ini. Terakhir, kita hanya perlu menyesuaikan cita rasa dengan selera kita. 


Dua resep hidangan ini memang sangat sederhana. Tapi jangan salah. Kelezatannya sama sekali tidak perlu diragukan. Salmon dan jamur masing-masing memiliki kekhasan rasa yang tak mudah ditemukan pada makanan lain. Dan, yang paling penting untuk saat ini, kedua makanan lezat ini saat ini termasuk makanan yang paling kita butuhkan untuk memastikan keterpenuhan vitamin D dan menjaga vitalitas tubuh kita. 


sumber:https://www.pexels.com/id-id/foto/daging-dimasak-dengan-sayuran-725991/

sumber:https://pixabay.com/id/photos/ikan-salmon-ikan-makanan-laut-518032/